Kapal Coast Guard China di Usir KRI Tjiptadi-381

Natuna (Outsiders) – KRI Tjiptadi-381 berusaha mengusir Kapal Coast Guard China keluar ke wilayah ZEEI di Perairan Natuna Utara. Hal tersebut sebagai bentuk kesiagaan Koarmada I dalam menjaga kedaulatan dan stabilitas perbatasan di Perairan Natuna Utara.

Disaat patroli sektor di perbatasan ZEEI Laut Natuna Utara 30 Desember 2019, KRI Tjiptadi-381 mendeteksi adanya 1 kontak kapal dengan jarak 11.5 NM sedang menuju selatan dengan kecapatan 3 knots.

Ketika KRI telah mencapai jarak 1 NM, di dapati bahwa China Coast Gurad tengah mengawal beberapa kapal ikan China yang sedang melakukan aktivitas perikanan.

Di kutip dari ANATARANEWS, China Coast Guard berusaha beberapa kali untuk menghalangi upaya KRI merazia kapal-kapal ikan tersebut.

KRI pun berupaya untuk mengusir kapal-kapal tersebut karena dianggap telah melanggar Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI).

Koarmada I tetap berkomitmen melaksanakan tugas pokok dan tetap berpegang teguh pada prosedur. Hal ini tentu bertujuan demi menjaga kedaulatan wilayah dan keamanan di wilayah perbatasan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *