Kementerian PUPR Targetkan Jalan Perbatasan Krayan-Malinau Selesai Akhir Tahun 2021

NUNUKAN (Outsiders) – Jalan akses perbatasan Malinau-Krayan sepanjang 196,34 Km yang terbagi dari ruas Malinau-Long Semamu 94,11 Km, Long Semamu-Long Nawan 91,53 Km, dan Long Bawan-Long Midang 10,7 Km akan selesai pada akhir tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, saat melakukan kunjungan kerja di jalur perbatasan Indonesia-Malaysia dengan menyusuri jalan akses perbatasan Long Bawan-Krayan-Long Midang di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (19/12/2019).

“Untuk Long Bawan sampai pos perbatasan tadi masih sedikit yang belum selesai, sekitar 3,7 Km. Ini pasti selesai 2020. Jalan ini merupakan akses ke PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Long Midang. Nanti dilanjutkan dari Long Bawan sampai Malinau, sekitar 196 kilometer,” ujar Basuki seperti dikutip dari pu.go.id.

Menteri Basuki menargetkan pembangunan jalan akses Long Bawan-Malinau dapat dilalui kendaraan pada akhir 2021. Ia menambahkan bahwa pembangunan jalan di perbatasan diprioritaskan untuk memudahkan akses warga Krayan menuju Tarakan atau Malinau dan daerah lainnya sehingga tidak perlu lagi menggunakan pesawat untuk menjangkau daerah-daerah tersebut.

“Saya kira kalau 196 kilometer akan selesai 2 tahun atau 2021 akhir. Kenapa kita prioritaskan yang Long Midang (Krayan)-Malinau harus tembus, karena selama ini akses hanya keluar, sementara yang masuk tidak ada, jadi barang-barang ya mahal,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *