Aktifitas Capres-Cawapres Di Masa Tenang

JAKARTA – Waktu kampanye Pemilu 2024 telah berakhir pada sabtu (10/12). Kini, Pemilu 2024 memasuki masa tenang yang dimulai pada Minggu (11/2) dan akan berlangsung selama 3 hari sebelum hari pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari mendatang.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum, masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye pemilu. Para peserta pemilu dilarang melaksanakan kampanye pemilu dalam bentuk apa pun selama masa tenang di tanggal 11 – 13 Februari.

Bagi pihak yang melakukan pelanggaran selama masa tenang kampanye Pemilu 2024, ada ancaman pidana dan denda yang bervariasi.

Para peserta pemilu khususnya para calon presiden (capres) mempunyai cara masing-masing dalam menjalani masa tenang pilpres jelang hari pencoblosan. Seperti capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang menghabiskan waktu di akhir pekan dengan bersantai di kediamannya di Hambalang, Jawa Barat.

Dalam video dilihat detikcom, Minggu (11/2), Prabowo terlihat santai di pekarangan rumahnya dengan mengenakan kaus putih polos dengan sarung. Menteri Pertahanan itu juga duduk bersantai di pendopo yang masih dalam proses pembangunan.

Sementara pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, menjalani masa tenang dengan melakukan kegiatan. Di hari pertama masa tenang kemarin, Gibran menghadiri acara Imlek di Kawasan Glodok. Wali Kota Solo itu juga berencana akan langsung bertolak kembali ke Solo, Jawa Tengah dan akan kembali berkantor di Balai Kota Solo.

Berbeda dengan Prabowo, capres nomor urut 1 Anies Baswedan megisi masa tenang dengan reuni bersama rekan sekolah SMA 2 Yogyakarta. Reuni itu dilakukan di kediaman Anies di Cilandak, Jakarta Selatan.

Anies mengatakan pertemuannya kembali bersama teman-teman masa sekolahnya merupakan momen luar biasa. Dia mengapresiasi para sahabatnya yang telah meluangkan waktu untuk melakukan reuni dan berharap bisa terus menjalin tali silaturahmi.

Sedangkan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memilih bertemu dengan para kiai dan melakukan doa bersama di masa tenang pemilu. Dirinya juga mengatakan akan mendoakan semua pihak, termasuk pihak yang melakukan kecurangan pemilu agar mendapatkan hidayah.

“Mendoakan yang mau melakukan kecurangan dapat hidayah. Semua kita doakan baik, semua yang mau jahat semua yang mau curang hari besok sampe dua hari kita doakan semoga dapat hidayah. Semoga sadar semoga menjadikan Pemilu ini hasilnya sangat objektif kemudian legitimate,” Ujar Cak Imin kepada wartawan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu (10/2).

Jelang hari pemilihan, Ketua Umum PKB optimis para pendukungnya tidak akan berpaling ke paslon lain. Sebab, ia menilai pendukungnya memiliki loyalitas.

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo pun turut membeberkan aktivitasnya dalam masa tenang pemilu. Dirinya mengatakan akan melakukan safari dengan menemui para relawan di masa tenang. Ia menyebut ada kelompok relawan dari PDIP yang sibuk menyiapkan saksi-saksi di TPS.

Namun, menurut Ganjar, hal itu tidak dilakukan dalam bentuk kampanye karena sudah memasuki masa tenang.

Lain dengan Ganjar, Mahfud MD memilih pergi ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umrah, setelah menuntaskan kampanye di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2).

Dalam Instagram pribadinya, Mahfud berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia, di masa tenang pemilu ini menjadi momen berkontemplasi dan berpikir, demi memilih pemimpin terbaik.

Lebih lanjut, Mahfud mengingatkan jangan ada seorang pun yang saling mengganggu dan berkonfrontasi. Menurutnya, rakyat harus bijak dalam memilih Presiden dan Wakil Presiden yang terbaik bagi masa depan Indonesia.

“Saya berharap rakyat tenang dan memilih sesuai dengan hati Nurani,” kata Mahfud sebagaimana dikutip dari akun Instagram pribadinya, @mohmahfudmd, Sabtu (10/2).

Sumber:detik
Editor: Edi G

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *