Pemprov Riau Segera Buat Edaran ASN Kerja dari Rumah, Pasca Libur Lebaran

  • Whatsapp
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Ikhwan Ridwan/Net

PEKANBARU (Beritadigi.com) – Pemerintah Provinsi Riau mulai menindaklanjuti surat edaran (SE) dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Birokrasi Reformasi (Menpan RB), dengan kembali menerapkan Work From Home (WFH) selama satu minggu pasca cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Ikhwan Ridwan, mengatakan, ia telah mendapatkan perintah dari gubernur untuk mempelajari dan menindaklanjuti apa yang telah disampaikan oleh Menpan RB. Jika sudah memenuhi syarat, maka pihaknya akan membuat surat edaran untuk selanjutnya mendapat persetujuan Gubernur.

“Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Menpan RB, pak Gubernur meminta kami untuk menindaklanjutinya. Dalam waktu dekat kita akan membuat surat edaran dan menyebarkannya, kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau, terkait dengan WFH ini pasca libur lebaran ini,” ujar Ikhwan Ridwan, Sabtu (7/5).

Dijelaskan Ikhwan, WFH akan dibuat aturannya dan diserahkan ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Bagaiman mengatur ASN selama WFH dan Work From Office (WFO), jangan sampai pelayanan di kantor terputus.

“Dibuat aturannya oleh OPD, bisa saja aturannya 50 persen WFO, 50 persen WFH. Dulukan juga sudah dibuat aturan WFH ini, kalau di wilayah Riau kalau tak salah sudah level 2, tapi inikan aturannya dibuat untuk mengantisipasi melonjaknya kasus Covid-19. Termasuk terjadinya kemacetan baik mudik maupun arus mudik,” jelas Ikhwan.

Disinggung mengenai adanya pernyataan Gubernur Syamsuar, yang mengharuskan ASN masuk kerja 100 persen pasca cuti bersama. Ikhwan mengatakan, imbauan Gubri tersebut disampaikan sebelum keluarnya surat edaran dari Menpan RB.

“Itukan disampaikan pak Gubri sebelum keluarnya SE Menpan RB. Nah sekarang sudah keluar aturan WFH pasca lebaran, dan pak Gubernur sudah memerintahkan saya untuk mempelajari dan membuat surat edarannya,” kata Ikhwan.

Untuk diketahui, Menpan-RB Tjahjo Kumolo, menyetujui usul Kepala Polri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atau WFH bagi ASN untuk mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022. Menpan RB menyarankan seluruh instansi pemerintahan mengatur jadwal WFH bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) selama sepekan mulai Senin (9/5/2022). (ck)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.