Kerumunan Barongsai di Mal Festival Citylink, Pengelola Diperiksa

Penampakan lautan manusia di Mal Festival Citylink/Net

BANDUNG (Beritadigital)- Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat sudah memanggil General Manager mal Festival Citylink yang menggelar atraksi barongsai berujung kerumunan pengunjung saat perayaan Imlek.

Pelaksana Tugas Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan Satpol PP yang memanggil dan memeriksa General Manager mal Festival Citylink.

“General manager pengelola (Festival Citylink) sudah dipanggil Satpol PP. Kita sudah lihat rekamannya. Memang penuh ya, tapi setelah 10 menit langsung dibubarkan oleh pengelola, termasuk pengawasan dari kita juga,” kata Yana, Rabu (2/2).

Yana mengaku pihaknya sedang menunggu hasil pemeriksaan Satpol PP terkait peristiwa ini. Satpol PP juga akan memanggil pengelola Festival Citylink yang lain pada Kamis (3/2).

Yana sangat menyayangkan terjadinya kerumunan dalam pertunjukan barongsai tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengaku sudah memberikan teguran. Dia mengaku gusar ketika tahu ada kerumunan saat atraksi barongsai digelar.

“Langsung sore itu juga saya telepon dan sampai memberikan ancaman. Kalau tidak diberhentikan, saya akan datang dan tidak segan untuk disegel. Kita akan tutup karena bukti ada kuat di saya, dan ini pelanggaran berat,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi. Pihaknya langsung membubarkan pengunjung setelah mendapat laporan tersebut.

Rasdian menyebut saat ini pihak Satpol PP masih meminta keterangan pengelola mal dan bekerja sama dengan Polrestabes Bandung.

“Sanksi akan diberikan sesuai regulasi,” ucapnya.

Sementara itu, pihak pengelola mal Festival Citylink, mengklaim sudah berupaya melakukan pencegahan kerumunan. Mulai dari pembagian waktu atraksi menjadi tiga sesi dan imbauan terhadap pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan.

Jumlah pengunjung yang datang hanya 31 persen dari kapasitas mal, namun hampir seluruhnya berkumpul di satu titik sehingga menyebabkan kerumunan.

Alhasil, pertunjukan barongsai yang sedianya dijadwalkan 45 menit dipangkas menjadi 10 menit saja. Sesi ketiga pertunjukan barongsai pun dibatalkan. (cnn)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *