FPDIP Panggil Arteria Soal Pelat Nopol Mobil-mobilnya

Mobil-mobil Arteria Dahlan dengan Nopol organik polisi/Net

JAKARTA (Beritadigital)- Belum selesai dibanjiri kritik soal “Kajati bicara Sunda’, anggota DPRD Fraksi PDIP, Arteria Dahlan disorot lagi lantaran pelat nomor kendaraan di sejumlah mobilnya.

Pasalnya, Arteria memasang pelat nomor kendaraan organik polisi di mobil-mobilnya. Angka di pelat nomor kendaraannya pun sama, 4196-07.

“Terkait Arteria Dahlan, kami sebagai pimpinan fraksi sedang mengundang beliau, saya janji jam 13.00 WIB, tapi karena jam 13.00 WIB, masih mimpin raker bentar lagi dia ada di atas (ruang Fraksi),” ujar Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto di kompleks DPR, Jakarta, Kamis (20/1/2022).

“Saya juga baru tahu (soal mobil), mana kita tahu. Saya juga baru tahu tadi pagi, tahu dikasih tahu ada foto-foto gini. Nanti bagian dari itu, kayaknya agenda (pemanggilan ke Fraksi) bagian dari itu,” ungkap Utut.

Utut mengaku dirinya sendiri tidak memiliki pelat Polri seperti kendaraan Arteria. Dia hanya memiliki pelat nomor khusus anggota dewan.

“Rasanya nggak (tidak punya pelat Polri, red) ya. Saya dikasih PakDasco sebagai ketua fraksi. Jadi saya benar-benar belum tahu, kalau saya jawab, barang nggak tahu gimana, kalau saya punya pelat DPR juga, tapi satu,” tutur dia.

MKD DPR Ingatkan Anggota Dewan Pakai Pelat DPR Saja

MKD DPR buka suara terkait pelat nomor kendaraan milik Arteria Dahlan yang terparkir di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat. MKD mengimbau dewan menggunakan pelat DPR saja.

“Saat ini kita sudah punya pelat khusus anggota DPR, MKD mendorong anggota supaya pakai pelat itu saja,” ujar Wakil Ketua MKD DPR, Habiburokhman.

Terkait pelat polisi, Habiburokhman mengatakan pihaknya tidak mengetahui dari mana Arteria mendapatkannya. Dia mengatakan mungkin Arteria mendapatkan pelat polisi itu sejak periode sebelumnya.

“Soal pelat nomor itu kan sudah disampaikan oleh Polri memang atas nama Pak Terry. Mungkin itu didapat saat periode lalu, sebelum 2019, saya juga nggak paham,” ujarnya.

Arteria Akhirnya Pasang Pelat Asli

Kini mobil-mobil Arteria sudah berganti pelat nomor aslinya. Seperti dilihat di lokasi parkir gedung Nusantara II, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/1) hanya satu mobil yang menggunakan Polri 4196-07, yaitu Pajero Sport Dakar warna hitam.

Pelat tersebut sebelumnya terpasang di mobil Toyota Vellfire. Sementara itu, mobil Nissan Livina warna merah menggunakan pelat nomor B 1**7 W*X berstiker https://arteriadahlanlawyers.co.id.

Mobil berstiker sama yakni Nissan Terra berpelat nomor B 1**8TJS. Arteria beralasan kelima mobilnya diparkir di DPR karena rumahnya sedang renovasi.

Arteria memastikan pelat nomor Polri 4196-07 yang menjadi polemik tak digunakan untuk berkendara. Anggota DPR dari fraksi PDIP itu mengaku adalah orang yang tertib.

“Nggak (dipakai untuk berkendara), coba bisa dilihat nanti. Dan pastinya kan, mudah-mudahan saya tertiblah. Teman-teman kan bisa lihat bagaimana saya kerja di DPR. Mudah-mudahan saya tertib, mudah-mudahan saya bisa disiplin,” sebutnya.

Selain itu, Arteria juga mengklarifikasi soal mobil-mobil miliknya. Anggota komisi hukum DPR itu mengungkapkan ada beberapa mobil yang dimiliki sebelum menjadi anggota legislatif.

“Dan itu kalau dilihat mobil-mobil juga, beberapa mobil yang katanya mewah itu kan pada saat saya sebelum jadi anggota DPR semua,” terang Arteria.

Polri Sebut Nopol 4196-07 Hanya Untuk 1 Mobil

Polri mengungkapkan fakta kelima mobil Arteria Dahlan yang menggunakan pelat sama. Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, pelat nomot kendaraan organik 4196-07 tercatat untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar.

Dalam data Slog Polri, sambung Ahmad, pelat tersebut memang untuk Arteria Dahlan. Hal ini terungkap berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri.

“Berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri untuk No. Pol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik H.Arteri Dahlan, S.T., S.H., M.H/ DPR RI,” terang Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan saat dihubungi detikcom, Rabu (19/1).

Sementara pantauan detikcom di lokasi pada Rabu siang, lima mobil Arteria yang terparkir dan dipasangi pelat nomor Polri tak ada yang Mitsubishi Pajero Sport Dakar. Berikut lima mobil milik Arteria yang terparkir dan menggunakan pelat nomor 4196-07 saat Rabu siang:

  1. Toyota Vellfire hitam berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
  2. Mitsubishi Grandis hitam berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
  3. Toyota Fortuner putih berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
  4. Nissan Grand Livina merah berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
  5. Toyota Innova silver tanpa stiker

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *