PNG: Adakan Kembali Border Trade Festival di Perbatasan

Jayapura (Outsiders) – Pemerintah Papua New Guinea (PNG) meminta pihak Indonesia kembali menggelar Border Trade Festival (BTF) di perbatasan.

Demikian disampaikan oleh Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Pemerintah Provinsi Papua, Suzana Wanggai di Jayapura, Rabu (8/1/2020).

Suzana mengatakan permintaan tersebut disampaikan saat pertemuan antar pejabat perbatasan (Border Liasion Meeting/BLM) yang berlangsung di Lae, Papua New Guinea, pada akhir tahun 2019.

“Benar PNG meminta agar Indonesia kembali menggelar BTF di perbatasan seperti yang pernah dilaksanakan tahun 2017,” ujar Suzana seperti dikutip dari antaranews.com.

Suzana mengatakan BTF menjadi ajang para pengusaha dari kedua negara untuk melihat peluang usaha dan peluang kerjasama guna memasok berbagai komoditi ke PNG.

Lebih lanjut Suzana mengemukakan bahwa antusias pengusaha dari kedua negara untuk mengikuti BTF perbatasan cukup tinggi jika dilihat dari pelaksanaaan BTF pada tahun 2017.

“Saat pelaksanaan BTF 2017 yang digelar di sekitar kawasan PLBN Skouw, Jayapura nampak pengusaha baik asal Papua maupun PNG cukup tinggi,” tandasnya.

Suzana mengaku belum dapat memastikan kapan BTF akan kembali digelar di perbatasan. Namun Suzana mengatakan pihaknya berupaya agar BTF dapat digelar pada tahun 2020 ini. (Humas BNPP dan Sumber Lain)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *