Apa Kabar Mudik Lebaran Tahun Ini?

Ilustrasi Mudik Lebaran/Net

JAKARTA (Beritadigital) – Tahun ini menjadi kali ketiga bulan suci Ramadhan di tengah pandemi COVID-19. Ramadhan sendiri kental dengan budaya mudik saat Hari Raya Lebaran. Dua tahun belakang pemerintah melarang masyarakat untuk mudik. Bagaimana tahun 2022?

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menjelaskan selama pandemi, soal aturan mudik lebaran terus dibahas oleh pemerintah.

Ia menegaskan akan ada rapat koordinasi sendiri untuk membahas mengenai mudik lebaran. Artinya belum ada sinyal apakah dilarang atau tidak untuk mudik 2022 ini.

“Mengenai mudik seperti halnya selama pandemi selalu dibahas secara lintas sektoral. Nantinya akan ada rakor khusus terkait hal ini,” katanya kepada detikcom, Sabtu (12/3/2022).

Adita lebih lanjut mengatakan, dalam menentukan aturan terkait mudik nanti syarat berpergiannya akan merujuk kepada keputusan yang diambil pada rapat koordinasi lintas sektoral.

“Kemenhub fokus pada penyediaan prasarana dan sarana transportasi yang dapat memberikan pelayanan mobilitas bagi masyarakat,” jelasnya.

Seperti diketahui, mudik lebarang selama pandemi menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya sudah dua kali lebaran yakni 2020 dan 2021 kegiatan itu dilarang oleh pemerintah.

Larangan itu dilakukan demi mencegah penyebaran COVID-19 di berbagai daerah. Maka tahun ini tentu menjadi pertanyaan bagi masyarakat apakah akan dilarang lagi atau diberikan kelonggaran. (detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *