Cerita Roy Kiyoshi Alami Pembengkakan Jantung

Roy Kiosi/Net

JAKARTA (Beritadigital)- Roy Kiyoshi mengaku dirinya mengalami pembengkakan pada jantung. Dokter menyarankan dirinya untuk memulai gaya hidup sehat dengan berhenti merokok hingga menjauhi stres.

“Tahun 2022 aku ingin jauh lebih sehat. Aku kemarin cek ke dokter ternyata ada pembengkakan jantung di aku,” kata Roy Kiyoshi kala ditemui media pada Selasa (1/2).

“Jadi dokter menyarankan aku untuk stop merokok. Jangan capek-capek dan depresi dan jantung aku bengkak setengahnya,” kata Roy Kiyoshi. “Kurangi minum minuman manis, cepat tidur,” lanjutnya.

Penyakit tersebut diakui Roy Kiyoshi membuat dirinya kerap mengalami sesak napas. Ia juga menyebut memilih meminum ramuan tradisional seperti sarang burung untuk mengatasi hal tersebut.

“Hari Kamis lalu, dua minggu lalu, gejalanya sesak napas terus blackout inside. Kayak sekarang sesak napas cuma nggak boleh kelihatan sama orang lain takutnya dibilang Covid,” kata Roy, dikutip dari detikHot yang rilis pada Rabu (2/2).

Pembengkakan pada jantung merupakan tanda dari kondisi lain. Seringkali, pembengkakan jantung tidak bergejala meski pada sebagian kasus diikuti sesak napas, irama jantung tidak normal, dan bengkak di dada.

Sejumlah hal bisa dianggap sebagai penyebab pembengkakan jantung, mulai dari tekanan darah tinggi, penyakit katup jantung, penyakit kardiomiopati ketika jantung sulit memompa darah, penyakit arteri koroner, hingga anemia dan gangguan tiroid.

Sementara itu, Roy Kiyoshi menilai Imlek tahun ini kurang seru lantaran masih berada dalam pandemi Covid-19. Hal itu membuat tak banyak orang yang datang untuk berkunjung ke rumahnya dan merayakan hari raya itu.

“Cuma enggak seramai dulu jadi ya sudah biasa saja jadinya. Biasanya tradisinya makan, jam 12 malam sembahyang, jam 5 sembahyang lagi, terus enggak boleh bersih-bersih rumah sampai jam 3,” kata Roy.

Meski begitu, sebagian makanan kesukaan Roy Kiyoshi tetap harus tersaji kala Imlek, salah satunya makanan dari bahan jengkol, hingga khas Imlek seperti kue keranjang, kue kering, juga manisan.

Sementara itu, menurut Roy Kiyoshi, tahun ini yang merupakan tahun Macan Air membuat ia akan jauh lebih hati-hati dalam bersikap.

“Tahun ini kita harus sadar dengan siapa kita bicara, dengan siapa kita harus baik sama orang. Karena aku merasa tahun ini agak panas, Maksudnya emosi, marah, somasi itu selalu ada. Jadi harus kontrol emosi.” kata Roy Kiyoshi. (cnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *